Langkah-langkah analisis pasar secara detail

Tinjauan Industri.

Pada langkah ini, Anda akan menggambarkan industri Anda dan mendiskusikan arah dan tujuan bisnis Anda. Di langkah awal ini Anda akan membahas metrik industri utama seperti ukuran, tren, dan pertumbuhan dari bisnis yang akan Anda lakukan. Tinjauan umum industri dapat Anda tunjuukan kepada investor bahwa Anda memahami langkah yang lebih besar pada tempat Anda berkompetisi. Yang lebih penting, tinjauan ini membantu Anda memahami jika akan ada lebih banyak permintaan untuk produk Anda di masa depan dan seberapa kompetitif kemungkinan industri tersebut.

Target pasar

Target pasar Anda adalah bagian terpenting dari analisis industri Anda. Di sinilah Anda menjelaskan siapa pelanggan idea. Anda akan melihat dan memahami dengan detail dari target pasar anda. Ada bebrapa komponen yang ada di target pasar. Berikut adalah komponen dari target pasar:

  • Ukuran pasar: Tidak seperti ukuran industri, yang biasanya diukur dalam uang, ukuran pasar Anda adalah berapa banyak pelanggan potensial yang ada untuk produk atau layanan Anda.
  • Demografi: Uraikan usia, jenis kelamin, pendidikan, pendapatan, dan banyak lagi khas pelanggan Anda. Jika Anda bisa melukis gambar pelanggan sempurna Anda, di sinilah Anda akan menggambarkan seperti apa mereka.
  • Lokasi: Jika Anda menemukan pelanggan di lokasi atau wilayah tertentu, jelaskan di sini.
  • Psikografis: Jelaskan suka dan tidak suka pelanggan Anda. Cara yang lebih baik untuk berpikir tentang psikografi adalah dengan memikirkan gaya hidup dan kepribadian pelanggan Anda.
  • Perilaku: Ini pada dasarnya adalah perpanjangan dari beberapa informasi psikografis Anda. Jelaskan bagaimana pelanggan Anda berbelanja dan membeli produk milik Anda.
  • Tren: Perilaku pelanggan selalu berubah. Jika ada tren yang Anda perhatikan dengan target pasar Anda.

Persaingan

Analisis pasar Anda tidak lengkap tanpa memikirkan pesaing Anda. Selain mengetahui bisnis apa yang Anda lawan, analisis persaingan yang baik akan menunjukkan kelemahan pesaing yang dapat Anda manfaatkan. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat membedakan diri dengan menawarkan produk dan layanan yang mengisi kesenjangan yang belum ditangani pesaing. Ketika Anda menganalisis kompetisi, Anda harus melihat beberapa hal berikut:

  • Persaingan langsung: Ini adalah perusahaan yang menawarkan produk dan layanan yang sangat mirip. Pelanggan potensial Anda saat ini mungkin membeli dari perusahaan-perusahaan ini.
  • Pesaing tidak langsung: Pikirkan persaingan tidak langsung sebagai solusi alternatif untuk masalah yang Anda selesaikan. Ini sangat berguna dan penting bagi perusahaan yang menciptakan produk atau layanan baru. Misalnya, perangkat lunak manajemen online pertama tidak bersaing dengan pengelola tugas online lainnya, ia bersaing dengan laporan kertas, catatan yang di tempel, dan daftar hal-hal yang harus dikerjakan secara analog lainnya.
  • Bagaimana Anda berbeda: Anda tidak ingin sama dengan kompetitor. Pastikan untuk membahas bagaimana perusahaan, produk, atau layanan Anda berbeda dari apa yang ditawarkan pesaing. Untuk jenis bisnis umum, seperti salon rambut, diferensiasi Anda mungkin lokasi, jam, jenis layanan, suasana, atau harga.
  • Hambatan : Jelaskan perlindungan apa yang Anda miliki untuk mencegah perusahaan baru bersaing dengan Anda. Mungkin Anda memiliki lokasi yang bagus, atau mungkin Anda memiliki paten yang membantu melindungi bisnis Anda.

Harga dan Perkiraan

Langkah terakhir dalam analisis pasar adalah untuk mengetahui harga Anda dan membuat perkiraan penjualan untuk lebih memahami pasar yang menurut Anda bisa Anda dapatkan.

Pertama, pikirkan harga Anda. Tentu saja, Anda harus memastikan bahwa harga Anda lebih dari apa yang Anda keluarkan untuk membuat dan mengirimkan produk atau layanan Anda. Tetapi, lebih dari itu, pikirkan tentang pesan yang dikirimkan harga Anda kepada konsumen.

Pelanggan biasanya menghubungkan harga tinggi dengan kualitas. Tetapi, jika Anda menentukan harga tinggi, Anda perlu memastikan bahwa strategi pemasaran Anda juga menandakan bahwa Anda memberikan produk atau layanan berkualitas tinggi.

Dari apa yang tampak seperti bisnis Anda dengan logo dan pengalaman layanan pelanggan, harga tinggi harus datang dengan pengalaman berkualitas tinggi selama seluruh proses penjualan.

Sumber:Accurate.id

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *