grapadinews.co.id

Manfaat Business Plan Untuk Usaha/Bisnis

Business plan memuat tujuan atau goals yang ingin kita capai, serta cara-cara untuk memastikan tujuan tersebut bisa tercapai dengan baik. Mengapa Business Plan itu penting? Karena Pertama, Business Plan sebagai panduan untuk memastikan keputusan yang diambil memang sesuai dengan kebutuhan suatu bisnis. Kedua, Business Plan dapat membantu meyakinkan investor untuk menanamkan modal pada bisnis kita. Ketiga, Business Plan merupakan salah satu sarana komunikasi dengan orang-orang yang akan terlibat dengan bisnis yang sedang berjalan.

Jenis-jenis Business Plan

Start-up business plan, Start-Up Business Plan juga mengandung produk barang atau jasa yang akan kita tawarkan, evaluasi pasar, evaluasi kompetitor, faktor-faktor risiko, tim pemasaran, dan juga sistem manajemen yang akan diberlakukan.

Strategic business plan, Strategic business plan sedikit lebih kompleks daripada start-up atau general business plan. Di dalamnya, terdapat hal-hal yang lebih spesifik dalam menggambarkan tujuan atau objektif yang ingin dicapai oleh sebuah perusahaan.  

Operations Business Plan, Operations Business Plan diperuntukkan untuk kebutuhan internal perusahaan. Di dalamnya, terdapat perencanaan dan peraturan tentang operasional perusahaan.

Development Business Plan, Development business plan adalah penjelasan utuh tentang pengembangan bisnis yang direncanakan. Di dalamnya terdapat kelengkapan tentang organisasi perusahaan, administrasi, dan pertanggung jawaban yang diemban oleh masing-masing pegawai.

Sumber: mokapos.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *