sarjanaekonomi.co.id

Market Share dalam Bisnis

Sebagai pelaku usaha sudah seharusnya kita mengetahui pangsa pasar kita sendiri. Karena pangsa pasar seringkali dikaitkan dan dijadikan sebagai suatu indikator khusus daya saing pasar yang bertujuan dalam mencatat seberapa baik dan berkembangnya performa perusahaan atas kompetitornya.

Untuk selengkapnya, yuk simak artikel pangsa pasar di bawah ini

Pangsa pasar atau market share juga bisa diartikan sebagai bagian dari suatu pasar yang dipimpin oleh suatu perusahaan dan semua potensi jualnya, yang biasanya akan disebutkan dalam persentase. Market share juga berarti suatu nilai total persentase penjualan pada suatu perusahaan yang berasal dari berbagai sumber dengan nilai total produk dalam suatu industri tertentu. Agar bisa mengetahui serta menetapkan ukuran dan juga pangsa pasar, maka dibutuhkan riset pasar yang sangat mendalam. Untuk itu, setiap pengusaha harus mampu menentukan pasar yang akan dituju, sehingga mampu melihat potensi pasar tersebut.

Setelah itu, para pengusaha juga harus mempelajari siapa saja kompetitor yang ada pada pasar tersebut, dan berapa banyak pasar yang sudah dikuasai oleh kompetitor. Dalam hal ini, perusahaan harus merencanakan strategi yang matang untuk mengembangkan strategi pemasaran dan juga mempersempit segmen produk, sehingga kegiatan promosi bisa lebih tepat sasaran.

Cara meningkatkan Market Share:

  • Memilih jenis bisnis yang baru dan belum banyak memiliki kompetitor.
  • Harus yakin bahwa Anda mampu berhasil dalam menjalankan bisnis.
  • Menentukan visi dan misi perusahaan terkait bisnisnya
  • Menganalisa kekuatan kompetitor.
  • Memantau pergerakan harga industri yang sedang dituju, serta menentukan harga yang paling pas.
  • Membangun dan menciptakan jaringan pasar yang luas agar perusahaan bisa menjadi lebih besar.

Market share atau pangsa pasar ini bisa kita bagi menjadi dua jenis yang berbeda, yaitu pangsa pasar yang didapat berdasarkan nilai dan volume, keduanya mempunyai indikator sendiri dalam mengukurnya.

Pada jenis pangsa pasar berbentuk nilai, maka keseluruhan dari pangsa pasar tersebut akan dihitung berdasarkan total segmentasi penjualan. Sedangkan jenis market share volume akan menggunakan seluruh data berdasarkan data penjualan yang mengacu pada jumlah unit .

Sumber:accurate.id/bisnis-ukm

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *