Memulai Bisnis Dengan apa Yang Kita Miliki

Seringkali kita terlalu berfikir rumit untuk memulai suatu bisnis. Contohnya saja ketika kita ingin buka usaha toko kue (bakery). Dengan anggaran yang pas-pasan, seringkali kita berpikir terlalu muluk. Sewa ruko yang bagus, beli peralatan kue yang lengkap, cari pegawai, beli alat kasir, beli ini..beli itu..dsb.

Bingung mau memulai usaha?nunggu modal cukup nunggu ini itu nungu nunggu..Mulai saja dengan apa yg kita miliki. gali dan cari disekeliling kita..pasti ketemu bahwa kita itu punya banyak hal utk dijadikan modal memlai usaha..paling tidak masih punya pikiran 😀 kaaan 🙂

Semua orang pasti ingin punya sebuah usaha yang professional, namun jika anggarannya tidak mencukupi, janganlah berencana yang terlalu muluk dulu. Berpikirlah secara rasional. Bagaimana bisnis bisa kita mulai dengan anggaran yang ada. Hal ini akan membuat kita segera “take action”, tidak membuang-buang waktu dengan berencana.

Cermatilah semua yang kita miliki. Pasti akan lebih terlihat bahwa kita sebenarnya memiliki banyak hal yang bisa kita jadikan modal dalam usaha. Tubuh yang sehat dan kuat, pikiran dan akal yang jernih, ilmu dan keterampilan, tempat usaha yang walau tidak sebagus yang kita inginkan, peralatan yang sudah kita punya, dll.

Namun ada satu hal yang belum tentu dimiliki oleh setiap orang, yaitu kemauan. Dengan kemauan yang kuat apapun yang kita miliki dapat menjadi modal untuk membangun kerajaan bisnis kita sendiri. Jadilah wanita yang kreatif dengan memulai usaha dari apa pun yang kita miliki. Lihatlah sekeliling kita, pasti ada hal-hal yang bisa kita manfaatkan sebagai modal usaha. Ruangan kosong, halaman kosong, garasi kosong, dapur dan peralatan masaknya, mesin cuci dan setrika, mesin jahit, blender, buku-buku bacaan, dll. Bisa dimanfaatkan sebagai modal usaha.

Selamat berkreasi!

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *