Mengenal Proses Bisnis atau Business Process

Didalam suatu perusahaan atau organisasi, pasti ada tujuan utamanya misalnya bisnis pembuatan dan penjualan kendaraan sesuai target tertentu. Untuk mencapai tujuan tersebut, dibutuhkan strategi bisnis dan proses untuk menjalankannya. Strategi bisnis untuk mengatur proses inilah yang disebut Proses Bisnis.

Proses Bisnis inilah yang akan memberdayakan seluruh sumber daya dimiliki oleh perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya.

Namun apakah Proses Bisnis itu sama di setiap perusahaan? Jawabannya tidak. Setiap bisnis memiliki proses dan alur masing-masing yang unik, sesuai dengan karakteristik dari bisnis atau budaya perusahaan dan apa bidang usahanya.

“Proses bisnis adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan secara terstruktur dan saling terkait untuk menghasilkan produk atau layanan atau juga untuk melakukan penyelesaian dari suatu masalah.”

Didalam dunia industri atau dunia kerja, bisa disesuaikan menjadi :

“Bisnis Proses adalah kumpulan pekerjaan yang saling terkait untuk  menyelesaikan suatu masalah tertentu.”

Didalam penggunaannya di dunia kerja, suatu proses bisnis dapat dibagi lagi kedalam beberapa sub-proses yang masing-masing darinya memiliki atribut tersendiri. Tetapi dalam pelaksanaannya, berbagai sub-proses tersebut juga memiliki kontribusi untuk mencapai tujuan dari proses utamanya atau ada yang menyebutnya super-proses.

Analisis proses bisnis umumnya dilakukan dengan cara membuat pemetaan proses dan subproses didalamnya sampai detail, hal ini dilakukan untuk bisa mendefinisikan tingkatan aktivitas atau kegiatan yang ada didalamnya.

Bagian Proses Bisnis

  • Proses manajemen, merupakan sebuah proses yang mengendalikan operasional sebuah sistem yang ada diperusahaan, biasanya diberi nama bagian Manajemen Strategis atau Strategic Management.
  • Proses pendukung, merupakan proses yang mendukung proses inti seperti : akunting, rekruitmen dan pusat bantuan.
  • Sistem Informasi (SI), merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari manusia, piranti lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber daya data yang mentransformasi, mengumpulkan serta mendistribusikan informasi di dalam organisasi.

Sumber: https://standarku-com.cdn.ampproject.org

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *