Online Shop, Marketplace, dan E-Commerce: Mana yang lebih cocok untuk Anda?

Marketplace

Marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan seorang penjual dengan pembeli melalui internet. Dirilis pada tahun 1995, website ini membuat proses penjualan lebih mudah dan efisien. Pada dasarnya, marketplace menyediakan tempat bagi mereka yang ingin berjualan di website mereka. Kemudian pihak marketplace akan memunculkan barang jualan itu ketika ada calon pembeli yang melakukan pencarian. Yang berbeda dengan pasar tradisional adalah seorang penjual tidak perlu membayar uang sewa untuk mendapat tempat di marketplace. Ini tentunya menjadi salah satu daya tarik marketplace. Kebanyakan, marketplace memanfaatkan jasa iklan premium sebagai cara mencari keuntungan.

Online Shop: Toko Online

Pada dasarnya, online shop adalah tempat dimana terjadinya suatu transaksi penjualan barang atau jasa di internet. Online shop tidak harus ada pada website. Kita juga bisa membuka toko online di social media seperti Facebook dan Instagram. Berbeda dengan marketplace, jika Anda berjualan di online shop, Kita akan berhubungan langsung dengan pembeli. 

E-Commerce

Sebuah brand atau seorang penjual memang membuat sebuah website khusus untuk menjual barang-barang yang dia jual. Orang mungkin sering menggunakan istilah e-commerce untuk mendeskripsikan marketplace. Padahal berbeda loh, E-commerce hanya menjual produk dari website itu sendiri.

Sumber:www.dewaweb.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *