arissafullah,com

Pemberdayaan Perempuan

Pemberdayaan perempuan adalah suatu proses kesadaran dan pembentukan kapasitas terhadap partisipasi yang lebih besar. Pemberdayaan perempuan menjadi strategi penting dalam meningkatkan peran perempuan dalam meningkatkan potensi diri agar lebih mampu mandiri dan berkarya. Kesadaran mengenai peran perempuan mulai berkembang yang diwujudkan dalam pendekatan program perempuan dalam pembangunan. Hal ini didasarkan pada satu pemikiran mengenai perlunya kemandirian bagi kaum perempuan, supaya pembangunan dapat dirasakan oleh semua pihak.

Tujuan pemberdayaan perempuan adalah untuk membangun kesadaran perempuan tentang kesetaraan gender agar mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya, sehingga perempuan dapat mandiri dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan

Strategi Pemberdayaan Perempuan :

Membongkar mitos kaum perempuan sebagai pelengkap dalam rumah tangga

Ketika seorang perempuan menjadi ibu rumah tangga maka jangan dianggap bahwa perempuan tersebut lemah. Karena ada pengabdian didalamnya untuk konsentrasi penuh dalam pelayanan tersebut yang tidak bisa dinilai dengan harta benda.

Memberi beragam ketrampilan bagi kaum perempuan

Strategi ini bertujuan agar kaum perempuan juga dapat produktif dan tidak menggantungkan nasibnya terhadap kaum laki-laki.

Memberikan kesempatan seluas-luasnya terhadap kaum perempuan untuk bisa mengikuti atau menempuh pendidikan seluas mungkin

Saat ini, seorang ibu rumah tangga pun dituntut untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami materi pendidikan agar dapat membimbing putra-putrinya ketika belajar di rumah. Apalagi pendidikan itu bersifat dinamis.

Sumber:www.kajianpustaka.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *