halamanmoeka.com

Peran Komunitas dalam Pemberdayaan UMKM

Dimuka bumi manusia hidup saling bergantungan kepada orang lain, karena itu mereka berada dalam satu kelompok untuk saling melengkapi. Sama halnya dengan bisnis, sebuah bisnis yang tumbuh itu berkat hubungan bisnis itu sendiri, konsumen, mentor, maupun bisnis lainnya yang tergabung dalam satu komunitas untuk saling berbagi.

Komunitas Bisnis, Jadi Kunci Sukses Dalam Berbisnis
sumber:bisnisukm.com

Suatu bisnis yang terhubung dalam komunitas dapat memberikan banyak keuntungan dan pengaruh yang sangat besar. Komunitas bisa memberikan akses untuk bertemu dengan orang-orang yang profesional, rekan satu tujuan, menciptakan kolaborasi, atau bahkan bertemu mentor yang nantinya akan membawa bisnis kita semakin berkembang.

Master Online Community, Wadah Komunitas Bisnis Online yang Tepat Bagi Anda  - Warta IPTEK
sumber:wartaiptek.com

Menurut Faisal Hasan Basri Sekertariat Jenderal Sahabat UMKM, ada beberapa manfaat penting bagi UMKM yang bergabung dalam komunitas. Diantaranya yaitu dapat memperluas jaringan, memperluas wawasan, meningkatkan kepercayaan diri dalam berbisnis, dan membuka akses pasar karena bisa saja anggota UMKM lain membutuhkan produk yang kita punya. Selain manfaat UMKM di Indonesia juga memiliki 5 masalah utama yang perlu dibimbing untuk bersama menemukan solusi yaitu permodalan, manajemen, teknologi, pemasaran, dan jaringan. Untuk itu UMKM perlu dikawal dan didampingi karena jika tidak maka pertumbuhan UMKM akan hilang.

Disperindag Banten Pacu Produktivitas UMKM - Ekbisbanten.com
sumber:ekbisbanten.com

Menurut Arto Biantoro sebagai praktisi dan penggiat brand lokal di Indonesia juga mengungkapkan bahwa komunitas adalah pintu untuk mendapatkan semua yang kita inginkan. Brand harus berhadapan dengan disiplin ilmu yang saling berkaitan. Arto perlahan mulai membangun jaringan, bersahabat dengan orang-orang yang ahli dalam di bidangnya masing-masing dan bekerja sama untuk mengembangkan berbagai inisiatif yang berhubungan dengan brand lokal.

Sumber: https://www.topkarir.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *