Pertumbuhan Wirausaha Wanita di Indonesia & Kontribusinya Bagi Ekonomi

Meningkatnya jumlah pengusaha wanita di Indonesia dapat mendorong tercapainya kesetaraan gender. Tak hanya itu, juga ada banyak pengusaha wanita sukses yang tidak hanya berhasil membangun bisnis tetapi juga memberikan dampak positif bagi masyarakat. 

Dari banyaknya jumlah pelaku UMKM, 37 jutanya merupakan perempuan. Menurut data Bank Indonesia, lebih dari 60 persen UMKM di Indonesia dijalankan oleh perempuan. Data ini menunjukkan partisipasi dan peran perempuan dalam mendukung perekonomian Indonesia. Walaupun jumlah pengusaha perempuan terus meningkat, ada beberapa faktor yang menjadi penghambat, salah satunya akses pemberdayaan dan literasi teknologi. Selain akses terhadap pengembangan keterampilan, pengusaha perempuan juga seringkali mengalami kesulitan dalam mengakses modal untuk meningkatkan usahanya. Ditambah lagi juga ada faktor-faktor lainnya seperti faktor domestik atau mengurus rumah tangga, minimnya pengalaman mengelola usaha, serta kepemilikan properti yang terbatas. 

Sekarang ini, perkembangan digital menjadi salah satu potensi yang membuka peluang bagi banyak womenpreneur untuk dapat mengembangkan bisnis mereka. Hal ini tentunya membantu banyak pengusaha termasuk juga pengusaha perempuan untuk mengembangkan usahanya. Namun, saat ini baru 3,79 juta UMKM yang memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya.

Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital sangat penting untuk diselaraskan dengan kemampuan literasi teknologi.

Sumber: sirclo.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *