Prinsip Membangun Bisnis

Ada dua kesalahan yang sering terjadi saat orang akan membangun bisnis:

Pertama sibuk atau bingung mendapatkan modal. Hanya satu yang ada dalam pikirannya, “Jika saya punya modal, saya bisa bisnis.” Seolah tanpa modal uang, dia tidak bisa memulai bisnis.

Kedua langsung membuat produk atau jasa. Padahal dia belum mengetahui, untuk siapa produk dan jasa yang mereka sediakan. Bagaimana cara memasarkannya?

Padahal ada hal lain, yang lebih penting dibandingkan dengan modal dan produk, yaitu Impian,  rencana, persiapan, dan kesabaran.

 

Ini adalah empat  prinsip yang harus kita pegang saat membangun bisnis.

 

Impian

Segala sesuatu dimulai dari impian. hanya dengan impianlah seluruh sumber daya dalam diri kita akan bergerak ,haya dengan impian kita tau kemana tujuan kita. Perbesar impian dan mulailah merangkai puzzle puzzle kecil  impian kita

Perencanaan

Katanya, jika Anda gagal merencanakan, sama artinya merencanakan untuk gagal. Rencana pada intinya memastikan apa yang harus dilakukan bisa terlaksana. Jika seandainya ada satu hal yang terlewat, maka bisa mengganggu bisnis Anda. Jadi rencanakanlah apa saja yang harus Anda lakukan, selesaikan, atau dapatkan agar bisnis Anda berjalan.

Ada dua kesalahan umum berkaitan dengan rencana:

Pertama: tidak membuat rencana.
Kedua: rencananya terlalu rumit sehingga tidak bisa dilakukan.

Jadi, buatlah rencana yang sederhana, sekedar cukup memberi arah kemana Anda bertindak. Rencana ibarat lampu mobil. Lampu mobil hanya mampu menerangi jalan dalam hitungan meter, tetapi perjalanan sepanjang ratusan kilometer bisa diterangi oleh lampu mobil Anda. Lampu mobil memberikan kejelasan arah yang akan dicapai yang tepat ada di depan kita.

Persiapan

Persiapkan apa yang harus disiapkan dalam membangun bisnis. Banyak orang yang berhenti dalam bisnis karena kurangnya persiapan. Banyak persiapan yang harus dilakukan dan ini perlu dimasukan dalam rencana Anda. Apa yang perlu disiapkan adalah apa-apa yang harus ada agar bisnis Anda bisa berjalan. Tidak harus sempurna, yang penting bisa berjalan sampai kita menyempurnakan dalam perjalanan bisnis.

Ada dua kesalahan berkaitan dengan persiapan:

Pertama: Anda sudah bisa menebak? Ya, tidak melakukan persiapan sama sekali.

Kedua: Anda mempersiapkan diri mencari saat yang sempurna. Anda tidak akan pernah mendapatkan kondisi yang sempurna, sehingga Anda akan sulit untuk bertindak. Yang Anda perlukan adalah persiapan dasar agar bisnis berjalan. Kemudian seiring perkembangan bisnis, Anda menyempurnakan usaha Anda.

Kesabaran

Dan prinsip yang ketiga adalah kesabaran. Membangun bisnis seperti membangun pipa pengalir air. Anda perlu waktu untuk mendapatkan hasil yang pertama, tetapi sekali berhasil, air akan mengalir terus. Berbeda jika Anda mengangkut air, mungkin akan langsung mendapatkan air saat itu juga, tetapi Anda harus setiap haru mengangkut air.

Kesabaran adalah prinsip mutlak yang diperlukan untuk meraih keberhasilan bisnis. Sabar bukan berarti diam, tetapi justru pebisnis yang sabar adalah orang yang teguh, tetap berusaha untuk mewujudkan bisnis idamannya. Kesabaran adalah sumber kekuatan Anda. Sabar akan menjadikan Anda pantang menyerah.

Kesimpulan

Jadi ada empat langkah penting dan 3 prinsip dalam membangun bisnis sukses. Empat langkah itu adalah kejelasan bisnis Anda, kejelasan pasar Anda, sehingga Anda bisa menyusun strategi pemasaran yang tepat. Anda juga disarankan untuk belajar kepada orang lain untuk meningkatkan peluang keberhasilan Anda.

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *