Produk sarapan yang praktis & sehat dengan ‘Ralalii Food’

Sebagai orang yang rutin menjalankan gaya hidup sehat sejak lama, Ibu Ika menemukan fakta bahwa permasalahan gizi masih perlu menjadi perhatian. Hal utama yang mempengaruhi kondisi gizi itu adalah gaya hidup, salah satunya melalui pola makan. 

Dan, salah satu kendala untuk menerapkan pola makan sehat yang Ibu Ika alami ketika kerja kantoran adalah tidak adanya waktu & sulitnya mencari pangan yang praktis & sehat. Akhirnya, beliau coba mengembangkan produk sarapan yang praktis & simple untuk dirinya sendiri. Karena beliau sudah merasakan dampak positif dari pola makan sehat, jadi ingin orang lain juga merasakan hal yang sama.

Usaha ini sudah berdiri sejak tahun 2018, dan omset saat ini sekitar 300-360 juta/tahun. “Saya percaya bahwa ke depan gaya hidup sehat akan semakin menjadi tren di masyarakat, sehingga saya yakin bahwa masih terus ada peluang untuk bisnis ini semakin berkembang.”

https://karyaperempuan.id/product/kuji-multigrain-cookies-9dziw

Menurut Ibu Ika, ada 3 hal pengembangan karakter yang harus dibangun ketika menjalankan bisnis, yaitu ‘gigih & pantang menyerah, kreatif, dan selalu optimis’.

“Saya ingin tetap berkarya & berdaya sebagai wanita, saya juga ingin menjadi inspirasi untuk anak-anak saya bahwa perlu usaha & kedisiplinan untuk mencapai apa yang kita inginkan. Selain itu, saya juga ingin menjangkau sebanyak mungkin orang untuk bisa mendapatkan produk yang ramah untuk tubuh & praktis dikonsumsi.”

Untuk meminimalisir resiko komplain, Ibu Ika mempunyai SOP baik dalam proses produksi maupun dalam pelayanan, sehingga produk & layanan yang sampai ke pelanggan selalu diusahakan sama & standar. “Kami berkomitmen untuk selalu memberikan produk yang sesuai standar kami, sehingga kapanpun & dimanapun customer membeli produk kami, mereka akan menemukan hal yang sama.”

Tapi, namanya juga bisnis. Ada saja kendala yang Ibu Ika hadapi selama menjalankan bisnis, misalnya dalam dalam mengelola SDM, penjualan yang naik turun, terutama terkait dengan time management dalam membagi waktu untuk mengurus rumah tangga dan menjalankan usaha. Tapi beliau sadar, bahwa menjalani bisnis-kan artinya belajar terus-menerus lewat pengalaman, jadi setiap kendala adalah pembelajaran yang berarti bagi Ibu Ika.

Lalu, bagaimana dalam pemasaran produknya?

Nah dalam memasarkan produk hal yang Ibu Ika lakukan adalah berusaha kreatif dan tampil beda. Persaingan harga saat ini tidak terlalu relevan lagi ketika kita sudah mendapatkan posisi di hati pelanggan. Berusaha selalu memberikan yang terbaik untuk mempertahankan pelanggan lama & aktif promosi dan melakukan edukasi melalui salah satunya media sosial untuk mendapatkan pelanggan baru.

Ada satu pengalaman paling berkesan dan akan selalu berkesan–untuk Ibu Ika–adalah setiap kali mendapatkan feedback positif dari customer. Apalagi ketika sedang down & mendapatkan feedback positif, rasanya langsung semangat lagi. Ternyata begitu besarnya dampak dari feedback customer.

Ibu Ika pernah mendapatkan beberapa penghargaan, di antaranya dari Dinkop UKM DIY & dari BUMA penyelenggara Wifepreneur. Namun, pencapaian terbaik yang kami dapatkan selama menjalankan bisnis ini adalah ketika kami mendapatkan feedback dari customer bahwa mereka puas & berpendapat bahwa produk kami bermanfaat untuk mereka.

https://karyaperempuan.id/shop/Ralalii-Food-40

Bagaimana awalnya mengenal Womanpreneur Community? 

“Pada saat saya mengikuti inkubasi yang diselenggarakan perusahaan suami saya, dalam kegiatan Wifepreneur. Pada saat itu WPC menjadi partner perusahaan tersebut untuk melaksanakan pelatihan & pendampingan untuk para Wifepreneur.”

Dan manfaat serta dampak pada bisnisnya adalah, dengan mengikuti IWPC tentu saja pengetahuan & skill tentang bisnis bertambah.

Sebagai member Womanpreneur Community, beliau mendapatkan banyak sekali manfaat seperti bisa berkenalan dengan sesama womanpreneur di seluruh Indonesia & bisa saling sharing pengalaman yang bermanfaat untuk mengembangkan bisnisnya. juga adanya benefit yang diberikan oleh Womanpreneur Community seperti peluang untuk mendapatkan akses modal, pembiayaan, juga kesempatan untuk dibantu dalam hal mengurus ijin usaha, seperti PIRT, halal, dll.

Selain itu, sebagai member womanpreneur & alumni IWPC, beliau berkesempatan untuk bisa mengikuti refreshment training secara gratis.

IWPC sangat total dalam mendukung anggota komunitasnya. Mentor IWPC sangat handal dibidangnya masing-masing, mereka juga sangat terbuka jika kami ada kesulitan terkait materi & membutuhkan penjelasan lebih lanjut.

Bagaimana tentang Karyaperempuan.id?

“Karyaperempuan.id sangat unik, karena mengumpulkan produk-produk terbaik hasil karya womanpreneur di seluruh Indonesia. Selain itu, melalui Karyaperempuan.id menjadi kesempatan bagi womenpreneur untuk memperluas pasarnya. Semoga ke depan Karyaperempuan.id bisa semakin besar & berkembang.”

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *