arofah.com

Sebagai pelaku UMKM, Jadi manakah “Customer” Anda?

“Customer” adalah individu atau perusahaan yang membeli barang atau jasa yang dihasilkan di dalam ekonomi. Dengan kata lain, arti customer adalah siapapun dia, baik perseorangan atau organisasi yang berminat untuk membeli produk atau jasa yang kita hasilkan.

Pelanggan dibedakan menjadi 3 lingkup diantaranya:

Pelanggan Internal (Internal Customer)

Adalah sekelompok orang atau individu yang berada dalam perusahaan dan memiliki pengaruh pada performa pekerjaan atau perusahaan kita. Contohnya; Bagian pembelian, Produksi, Penjualan, Pembayaran gaji, Rekruitmen dan Karyawan.

Make or Break… why Internal Customer Experience is Essential
sumber:experience.multifarious.com

Pelanggan Antara (Intermediate Customer)

Adalah pelanggan yang berperan sebagai perantara antara produsen dan konsumen. Mereka yang bertindak sebagai perantara, bukan sebagai pemakai akhir produk tersebut.

Harpelnas 2020: Tingkatkan Pelayanan Bagi Pelanggan di Masa Pandemi – Radio  RDK
sumber:rdk.fidkom.uinjkt.co.id

Pelanggan Eksternal (External Customer)

Adalah pembeli atau pemakai akhir produk tersebut, sering disebut sebagai pelanggan nyata (Real Customer). Pelanggan eksternal merupakan orang yang membayar untuk langsung menggunakan produk atau jasa.

Pelanggan eksternal - ujiansma.com
sumber:ujiansma.com

“Customer” sangat penting bagi kita untuk mengenal dengan baik siapa customer kita sesungguhnya. Bukan perihal mengenal dan mengetahui segala data tentang mereka, tetapi makna “mengenal” di tahap ini adalah mengidentifikasi, mengetahui dengan tepat, siapa saja pihak yang menjadi pendukung kelangsungan bisnis kita baik secara internal maupun secara eksternal.

Sumber:studilmu.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *