Literasi yang harus dimiliki Seorang Pengusaha agar Sukses

Literasi apa saja yang harus dikuasai oleh seorang pengusaha?

  1. Melek Digital dengan Kemajuan Teknologi, Jenis literasi pertama yang harus dikuasai saat ini adalah literasi digital. Di era yang serba modern dan saling terhubung ini, mustahil untuk berkembang tanpa mengandalkan ragam platform digital. Berdasarkan data yang dirilis oleh Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia telah mencapai 171,17 juta orang atau sekitar 64,8 persen dari total penduduk Indonesia. Dari angka ini bisa kita lihat kalau mayoritas masyarakat Indonesia sudah hidup di jagat maya. Inilah kesempatan yang bisa Anda gunakan, yaitu dengan memanfaatkan internet untuk mengembangkan UMKM.
  2. Kenali data untuk keputusan lebih cekatan, iterasi data adalah kemampuan untuk membaca, menganalisis, dan membuat keputusan berdasarkan data dan informasi yang diperoleh. Informasi ini pun bisa dikumpulkan dari berbagai sumber. Baik secara manual seperti melakukan survei, wawancara, dan focused group discussion, maupun secara digital dengan menerapkan teknologi kecerdasan buatan. Kemampuan untuk mengolah data adalah hal krusial yang harus dikuasai oleh pengusaha UMKM. Perlu diketahui, data yang Anda peroleh di lapangan dapat diolah menjadi informasi atau insights yang bisa menjadi input krusial untuk pengambilan keputusan bisnis.
  3. Memanusiakan manusia untuk membangun kedekatan, Interaksi antar manusia dan manusia yang baik adalah pondasi yang kuat untuk membangun kepercayaan. Ada beberapa hal yang sulit untuk dikuantifikasi, sehingga butuh nurani manusia dalam pengambilan keputusan.

Sumber:Mokapost.com

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *