TIPS Memulai Bisnis Dari Rumah

Bagaimana memulai bisnis dari rumah? Bekerja di rumah merupakan peluang besar bagi siapa pun. Bila sahabat mulai  mempertimbangkan untuk menjalankan usaha dari rumah,seperti yang pernah saya putuskan di tahun 2006 inilah  langkah-langkah berikut harus menjadi faktor utama dalam menjalankan bisnis dari rumah :

Pertama: Tentukan apa yang Anda inginkan. Hmmm..Kedengarannya cukup mudah yaa…setiap orang tentu ingin memiliki lebih banyak uang, rumah yang lebih baik, relasi yang lebih baik, dan tentu saja waktu yang lebih fleksibel. Tujuan tersebut pasti baik dan benar..tapi belum mencerminkan tujuan yang lebih jelas dan spesifik loh .apa sih yang benar benar amu inginkan ? Coba deh dibuatkan lebih detail lagi tujuannya .  Semakin spesifik tujuan  semakin mudah untuk fokus dan terinspirasi olehnya. Bahkan, keinginan tersebut adalah bahan bakar yang akan membuat Anda bergerak maju ketika masalah mulai merintangi.

Kedua: Percaya bahwa impian itu mungkin. Bekerja di rumah adalah mungkin, dan jutaan orang telah membuktikan hal itu bisa berhasil. Mereka tidak lebih pintar atau lebih berbakat atau lebih beruntung dari Anda. Mereka hanya tahu bahwa bekerja atau berbisnis dari  rumah bisa dilakukan dan mereka berani melakukannya.

Ketiga: Sadari bahwa bekerja atau berbisnis dari rumah itu sulit. Orang yang berani mencoba lalu menemui berbagai kesulitan dan melakukan kesalahan ternyata lebih sukses daripada mereka yang tidak pernah menerima tantangan baru dalam hidupnya.

Bekerja atau berbisnis dari rumah juga demikian, ada orang yang melakukannya dengan mulus dan berhasil, dan ada yang tidak. Semua ini adalah bagian dari proses, kalau tidak mencoba bagaimana anda tahu?

Keempat: Ambil tindakan. Memiliki tujuan tanpa tindakan sama seperti memiliki peta jalan tetapi tidak menempatkan diri Anda berada dalam kendaraan, sehingga Anda tidak sampai dimana pun.

Sebuah kutipan yang bagus dari Mark Twain mengatakan bahwa: “Rahasia untuk maju adalah dengan memulai.” Sayangnya, kebanyakan orang berhenti pada tahap ini. Akhirnya mereka tak melakukan apapun untuk sampai ke tujuan.

Langkah kelima: Bertanggung jawab 100%. Tempat kita berada sekarang adalah hasil dari pilihan yang kita buat di masa lalu. Kehidupan tidak selalu mudah. Hidup menyajikan tantangan, tetapi orang-orang yang paling sukses dalam sejarah telah mengatasi rintangan besar untuk mencapai keberhasilan.

Langkah keenam: Berusaha mengatasi ketakutan.  Ketakutan adalah apa yang membuat kita ingin tetap berada di zona nyaman. Untuk berbisnis di rumah, apa yang Anda takutkan? Apa yang orang pikirkan? Siapa yang peduli!? Kemungkinan mereka tidak pernah berpikir tentang ide bisnis Anda, dan belum tentu dapat memberi Anda saran untuk mewujudkannya. Untuk mengatasi rasa takut, Anda perlu membuat impian Anda lebih besar dari rasa takut. Keinginan untuk bekerja di rumah harus lebih besar dari ketakutan akan apa yang orang lain katakan tentang rencana Anda.

Langkah ketujuh: Bersedia membayar harga. Harga ini tidak selalu berbicara tentang uang, meskipun kadang-kadang  merupakan bagian dari mencapai tujuan Anda. Membayar harga berarti berani berkorban dan bekerja lebih keras daripada apa yang pernah Anda lakukan sebelumnya. Kegiatan-kegiatan rumah yang nyaman seperti membaca dan menonton televisi mungkin harus Anda tinggalkan sebagian, dan mengisi waktu tersebut untuk bisnis. Anda mungkin perlu menghemat pengeluaran – jika masih dapat dihemat – agar Anda memiliki uang tambahan untuk membangun bisnis Anda.

Bekerja di rumah memungkinkan bagi siapa saja dengan ide bisnis yang tepat, asalkan kita  bersedia untuk melewati proses nya. Mulailah dengan memiliki pola pikir yang benar dari keyakinan dan kemauan untuk melangkah keluar dari zona kenyamanan Anda dan bekerja menerima tantangan.

 

Salam

Irma Sustika

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *