Wirausaha Perempuan Harus Mampu Kenali Kekuatan Diri

Semua orang sukses pasti mengerti siapa diri mereka,
Mengenal diri anda sendiri adalah permulaan dari semua kemenangan hidup. Mengenal diri sendiri memang sangat penting namun terkadang juga sulit dilakukan, dan satu-satunya orang yang bisa mengenali diri anda tentu hanya diri anda sendiri.
Untuk mencapai KEBERHASILAN dalam bidang apapun..tidak cukup hanya modal rupiah dan semangat, hanya akan menjadi sia-sia tanpa kita tahu saat ini kita berada dimana dan ACTION apa yang kita persiapkan menuju yang kita inginkan begitu juga saat kita sebagai wirausaha perempuan berupaya membangun bisnis agar terus bertumbuh

empat faktor yang menyebabkan wirausaha perempuan bisa lebih sukses:

1. Pengusaha perempuan banyak memiliki jaringan, ini penting sebagai faktor suksesnya berbisnis sehingga pasar sangat luas dan memiliki kemampuan sosial.

2. Banyak Kreatifitas, secara umum kaum hawa memiliki dan banyak memanfaatkan celah usaha yang dimiliki.

3. Perempuan Telaten, keunggulan ini yang tidak dimiliki laki-laki sehingga bisnis yang dilakukan perempuan pada umumnya efisien dan cermat.

4. Tidak mudah putus Asa dan membantu penghidupan keluarga. Hal ini banyak terbukti banyak pegawai/karyawan hidupnya cukup dibantu usaha istri yg punya bisnis sampingan di rumah.
Berhasil dalam bisnis bukan dikarenakan Modal rupiah, namun yang utama adalah modal MINDSET
Setiap perempuan yang ingin memulai bisnis harus punya MINDSET KEBERHASILAN WOMANPRENEUR …
1. Seorang womanpreneur yang ingin berhasil harus TAHU DIRI , tahu siapa dirinya yang sesungguhnya, sadar dengan potensi yang dimiliki.
Seringkali saat sesi Seminar maupun coaching saya bertanya, Jika ada orang lain yang bilang kita ga tahu diri, marah? Yah marah lah Bu. Oke kalau begitu anda tahu diri kan, siapa diri anda sesungguhnya? Sesi ini biasa diakhiri dengan bengong, hehee peserta menjawab sebatas dengan menyebutkan namanya, keluarganya dan saat diteruskan bertanya, jadi siapa anda? Dan terdiam.
Bukankah Tuhan telah memberikan kita potensi yang sangat besar saat kita dilahirkan, berapa lama sudah kita hidup di dunia? Seberapa banyak kita sudah mengetahui kekuatan ,kemampuan dan potensi diri kita? Seberapa besar yang sudah kita pergunakan?
Sahabat, cara terbaik untuk menemukan diri anda sesungguhnya adalah dengan bertanya, bertanyalah kepada dirimu sendiri bahkan hingga pertanyaan yang paling bodoh sekalipun, karena pertanyaan sebodoh apapun membuat otak kita bekerja, membuat otak akan selalu mencari jawabannya perlahan-lahan, karena itu mengapa tidak bertanya kepada diri sendiri, dan mengenal diri Anda lebih dalam.
Tidak usah berpikir muluk-muluk, tulis saja apapun yang muncul pertama kali dipikiran anda saat mendengar pertanyaan di bawah (spontan), tidak ada jawaban yang benar atau salah.
Naaaah coba anda jawablah 15 pertanyaan berikut:
1. Apa kelebihan saya?
2. Apa kekurangan saya?
3. Apa yang saya suka?
4. Apa yang saya tidak suka?
5. Apa yang paling penting bagi hidup saya?
6. Siapa orang yang paling penting dalam hidup saya?
7. Apa arti kesuksesan bagi saya?
8. Apa yang membuat saya bahagia?
9. Apa yang membuat saya tidak bahagia?
10. Siapa seseorang atau figur yang saya anggap sebagai pahlawan (your hero)?
11. Saya adalah orang yang …
12. Saya ingin menjadi orang yang …
13. Saya ingin orang lain menganggap saya sebagai orang yang ..
14. Apa yang membuat saya takut?
15. Kenapa saya tidak bisa mendapatkan apa yang saya inginkan?
Ok saya sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, jadi apa yang harus saya lakukan selanjutnya?
Simpel sekali, lakukanlah apa yang membuat anda bahagia, gunakan kelebihan anda sesering mungkin, hindari hal-hal yang membuat anda tidak bahagia, hindari kelemahan anda, dan itulah arti dari mengenal diri sendiri.
Tahu apa yang harus anda lakukan dan mana yang tidak perlu anda lakukan. Tahu bagaimana menggunakan apa yang telah anda miliki. Tahu apa yang harus diperjuangkan dan apa yang harus ditinggalkan. Tahu kapan harus berhenti dan terus maju . Dan yang paling penting adalah anda tahu apa yang ingin anda raih dalam hidup ini.
TAHU DIRI tanpa kita MAU menindaklanjuti dengan tindakan yang konsisten dan komitmen hanya akan jadi lamunan kosong.
2. PERCAYA DIRI . Dengan terus mengasah diri, mampu mengenal kekuatan dan potensi diri menumbuhkan RASA PERCAYA DIRI untuk terus melangkah menuju tujuan
3. MANDIRI Semakin kita memupuk RASA PERCAYA DIRI membawa kita menjadi pribadi yang MANDIRI,karena kita adalah BOS bagi DIRI kita sendiri. Perempuan mandiri bukan bertujuan untuk mengalahkan pasangan loh, dengan kemandirian kita menghargai segala yang Tuhan berikanpada kita
4 SADAR DIRI . naaaaaah kalau sudah mandiri, …teteeeep ya wajiiib harus SADAR DIRI….bahwa keberhasilan yang kita dapatkan dibangun bukan karena usaha kita sendiri..banyak tangan-tangan di sekeliling kita yang mendorong kita menjadi berhasil, termasuk tangan TUHAN.
Sadar diri tidak menjadi sosok yang sombong yang melupakan apa yang menjadi kewajiban kita sebagai perempuan.
Oke sahabat, selamat berkomunikasi dengan sang jiwa dan temukanlah diri anda sesungguhnya.

 

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *