DONDA-1

Parhobas Do Ahu merupakan sebuah usaha yang bergerak pada bidang event organizer khusus adat Batak. Pemiliknya bernama Ibu Aliandri D.P.D Siburian. Ibu Aliandri telah mendirikan bisnis ini selama lebih dari satu tahun. Alasan Ibu Aliandri mendirikan bisnis ini adalah karena latar belakangnya sebagai warga Batak yang lahir dan besar di Jakarta. Beliau mengatakan “Beberapa kali saya membantu teman gereja dalam mempersiapkan acara pernikahan secara adat Batak, kemudian muncul ide untuk menjalankannya secara serius. Dalam menjalani prosesi adat Batak memerlukan waktu dan persiapan yang cukup banyak, melihat fenomena di kota besar saat ini seperti di Jakarta, kemacetan serta kesibukan bisa menjadi salah satu rintangan. Karena itu saya melihat ada peluang yang bisa dijadikan bidang usaha selain itu sangat perlu bagi warga Batak yang merantau untuk tetap menjalankan adat tanpa perlu repot menyiapkannya.”

DONDA uli robert

Menurut keterangan dari Ibu Aliandri, saat ini Parhobas Do Ahu mempunyai omset sekitar 1,5 juta perbulan. Parhobas Do Ahu juga pernah berpartisipasi dalam rangka launching Paskah nasional 2018 di Ball Room kementerian pariwisata. Dimana Parhobas Do Ahu memberikan pelayanan berupa penari tortor dan kelompok pemain musik tradisional Gondang Batak. Dapat mengikuti acara ini merupakan suatu pencapaian terbaik yang telah dicapai oleh Parhobas Do Ahu.

Mengingat semakin banyak pesaing yang muncul dalam bidang bisnis ini, Ibu Aliandri memberikan cara yang ia terapkan untuk memasarkan Parhobas Do Ahu. “Cara memasarkannya selain melalui online juga melalui perkumpulan marga Batak. Selain itu, untuk mengisi kekosongan apabila sedang tidak ada pelayanan dalam bentuk jasa, saya melakukan penjualan berupa keperluan perlengkapan adat Batak seperti ulos dan lainnya. Dengan cara seperti ini, diharapkan brand  kami bisa tetap diingat masyarakat khususnya warga Batak.” Tutur Ibu Aliandri saat ditanya mengenai bagaimana cara memasarkan bisnisnya di tengah banyaknya pesaing. Tidak hanya itu, peranan customer juga pastinya sangat penting untuk mengatasi para pesaing usaha. Menurut keterangan Ibu Aliandri, alasan customer-nya menggunakan jasanya adalah agar mereka tetap bisa menjalankan adat Batak tanpa halangan meski jauh dari kampung halaman. Para Customer juga berharap untuk tetap bisa bekerjasama lagi ke depannya karena siklus kehidupan masyarakat Batak tidak bisa lepas dari adat, sejak dari dalam kandungan, lahir hingga meninggal. Ibu Aliandri juga memberikan cara untuk meminimalisir resiko komplain dari customer yang dapat menyebabkan image negatif. Menurut Ibu Aliandri, karena bidang usaha yang ia jalani bergerak di bidang jasa, maka Ibu Aliandri berusaha untuk datang tepat waktu ke tempat acara.

Saat ditanya bagaimana dengan prospek ke depan dari bisnis Parhobas Do Ahu ini, Ibu Aliandri menjawab “Prospek ke depannya saya melihat cukup baik karena akan semakin banyak warga Batak yang merantau membutuhkan bantuan pihak lain dalam menyiapkan acara adat Batak. Selain itu, dengan adanya event organizer ini saya berharap bagi teman atau kerabat saya yang bukan orang Batak bisa belajar dan mengenal adat Batak serta membangun minat untuk datang berwisata ke tanah Batak.” Ibu Aliandri juga memberikan pendapatnya mengenai pengembangan karakter apa yang harus dibangun pada setiap individu guna meningkatkan kinerja bisnis UKM. Menurut Ibu Aliandri, dibutuhkan konsistensi dalam meningkatkan kinerja bisnis serta kreativitas menciptakan sesuatu yang segar.

Pada akhir wawancara, Ibu Aliandri diberikan pertanyaan mengenai bagaimana awalnya beliau mengenal Womanpreneur Community serta apa manfaat dan dampaknya pada bisnis Parhobas Do Ahu selama mengikuti dan menjadi member Womanpreneur Community. Ibu Aliandri menjawab “Awalanya saya mengenal Womanpreneur Community melalui sosial media yaitu Facebook group. Kemudian beberapa kali mengikuti training yang diadakan di learning center dan ketika mulai akrab dengan beberapa alumni, saya diajak untuk mengikuti program Inkubator Bisnis Inspiring Womanpreneur Competition (IWPC). Manfaat dan dampaknya ialah saat ini saya bisa menjalankan bisnis saya sendiri. Saya menjadi lebih percaya diri saat bertemu dengan saudara atau teman karena mereka mulai mengetahui bisnis yang saya jalankan saat ini.”

 

Biodata Narasumber:

WPC Nomor     : 0000-0000-0816

Nama               : Aliandri D.P.D Siburian

No. Telfon        : 089530666082

Brand               : Parhobas Do Ahu

Sosmed           : Parhobasdoahu (Instagram)

https://parhobas.business.site/

Comments

comments

Share