wpc - kenali online business

 

Kata siapa wanita karir tidak dapat melakukan bisnis online sebagai pekerjaan sampingan dan peluang usaha? Jangan salah, wanita karir juga dapat membagi waktunya untuk melakukan bisnis lainnya lho! Sudah bukan zamannya wanita hanya berdiam diri di rumah dan mengurus rumah tangga saja. Mari kita lihat bersama dan kenali peluang usaha melakukan bisnis online untuk wanita karir.

Wanita juga Dapat Multitasking dalam Bisnis

Dahulu masih banyak anggapan bahwa wanita merupakan gender yang aktivitasnya hanyalah mengurus rumah tangga, namun beruntunglah kini sudah ada emansipasi wanita. Emansipasi wanita mendongkrak kesetaraan gender sehingga wanita berhak memperoleh hak dan kewajiban yang setara dengan lelaki.

Bukan hanya sebagai ibu rumah tangga, kini banyak wanita yang sudah aktif sebagai wanita karir. Bahkan banyak wanita yang mencari peluang usaha lain di samping pekerjaannya, contohnya adalah dengan membuka bisnis online sebagai sampingan. Melalui artikel berikut, Finansialku akan mengajak Anda membuka mata untuk mengenal peluang usaha melakukan bisnis online bagi wanita karir.

Memilah Tanggung Jawab untuk Membagi Waktu

Saat biaya kebutuhan hidup semakin tinggi, kini wanita juga turut berperan dalam membantu perekonomian keluarga. Terutama jika sudah ada anak-anak, tentunya muncul banyak biaya yang tidak terduga sehingga kedua orangtua perlu memilah-milah tanggung jawab sehingga dapat membagi waktu untuk mencari peluang dalam menghasilkan penghasilan tambahan. Namun jika Anda sudah memiliki pekerjaan atau bisnis yang tetap, Anda perlu membagi waktu untuk mencari bisnis sampingan yang sesuai dengan kondisi Anda. Kenali jenisnya termasuk besarnya bisnis dan risiko yang mungkin muncul sehingga tidak mengganggu kestabilan pekerjaan tetap Anda.

Salah satu bisnis sampingan yang mudah dikembangkan dan tidak menyita waktu adalah bisnis online. Perkembangan teknologi memungkinkan Anda untuk bekerja di mana saja dan kapan saja hanya dengan ponsel pintar. Dengan fleksibilitas waktu dan tempat, tentunya akan lebih mudah untuk mencoba bisnis sampingan berupa sebuah bisnis online. Mau tahu apa saja bisnis online yang dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan? Berikut beberapa ide bisnis online bagi Anda para wanita karir:

 

#1 Bisnis Online dengan Konsep Pre-Order (PO)

Tujuan Anda mencari peluang usaha baru tentunya dengan harapan memperoleh keuntungan dan penghasilan tambahan bukan? Dengan demikian, Anda perlu membandingkan beberapa peluang usaha dengan risiko kecil untuk menghindari kerugian yang malah memusingkan. Salah satu konsep bisnis online dengan risiko sangat kecil dan modal yang bisa dibilang hampir tidak ada adalah konsep Pre-Order (PO). Pre-Order merupakan konsep bisnis yang memungkinkan Anda menjual barang tanpa adanya stok barang. Sistem yang digunakan secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Mencari supplier produk yang mudah diakses dan terpercaya atau membeli produk sendiri setelah kuota pesanan terpenuhi.
  2. Membuka toko online dan mengunggah foto berbagai produk yang akan dijual dengan tanggal open PO dan tutup PO.
  3. Jika muncul pesanan, maka Anda akan meminta sejumlah uang muka (DP) sebagai tanda jadi.
  4. Setelah kuota pesanan terpenuhi atau jika PO sudah ditutup, barulah Anda membeli seluruh produk tersebut.
  5. Setelah barang tersedia dan siap kirim, maka Anda meminta pembeli untuk melunasi produk tersebut (jika barang yang dipesan habis atau tidak tersedia maka pihak penjual wajib melakukan refund penuh terhadap pihak pembeli).
  6. Mengirimkan barang yang sudah dilunasi.

#2 Bisnis Online dengan Konsep Dropship

Bisnis online lainnya yang merupakan bisnis dengan modal kecil dan minim risiko adalah dropship. Berbeda dengan konsep Pre-Order (PO), konsep dropship berarti Anda tidak perlu berhubungan langsung dengan stok barang dan tidak perlu melakukan pengiriman. Anda disini hanya berperan sebagai bagian pemasaran, namun Anda diberi kuasa untuk menaikkan harga sebagai profit Anda. Sistem yang digunakan dalam bisnis online yang menggunakan konsep dropship umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Mencari supplier produk yang mudah diakses dan terpercaya.
  2. Membuka toko online dan mengunggah foto berbagai produk yang akan dijual dengan harga yang telah Anda tentukan dan ketentuan lamanya pengiriman (karena Anda membutuhkan waktu untuk memesan produk ke supplier).
  3. Jika muncul pesanan, maka Anda akan meminta pihak pembeli untuk melunasinya ke rekening Anda.
  4. Anda kemudian mentransfer sesuai dengan harga yang ditetapkan supplier dan meminta supplier untuk mengirimkan barang kepada pembeli dengan ketentuan adanya nama Anda sebagai pengirim.
  5. Barang akan dikirimkan langsung dari supplier ke pembeli tanpa melewati Anda.

#3 Bisnis Online dengan Konsep Reseller

Dengan berkembangnya bisnis online, semakin banyak pula konsep yang berkembang untuk memudahkan penjual. Konsep selanjutnya yang kini banyak digemari penjual adalah konsep reseller. Konsep reseller hampir mirip dengan konsep dropship, dimana Anda membantu supplier memasarkan dan menjual barangnya. Letak perbedaannya adalah produknya akan melewati Anda sehingga Anda akan memiliki stok barang. Risiko yang muncul tentunya lebih besar dibandingkan dengan konsep dropshipper karena Anda diwajibkan memiliki stok barang.

Namun tenang saja, Anda bisa memulai bisnis ini dari stok yang sedikit sesuai dengan ketersediaan modal. Jika ternyata bisnis berkembang, barulah Anda dapat sedikit demi sedikit menambah stok barang Anda. Sistem yang digunakan dalam bisnis online yang menggunakan konsep reseller umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Mencari supplier produk yang mudah diakses dan terpercaya.
  2. Membuka toko online dan mengunggah foto berbagai produk yang akan dijual dengan harga yang telah Anda tentukan.
  3. Membeli sejumlah stok barang sesuai dengan stok yang dipasarkan.
  4. Jika muncul pesanan, maka Anda akan meminta pihak pembeli untuk melunasinya ke rekening Anda.
  5. Mengirimkan barang yang dipesan kepada pembeli.

#4 Affiliate Marketing

Berbeda dengan ketiga contoh sebelumnya, Anda tidak berperan sebagai penjual pada bisnis ini, namun hanya berperan sebagai pihak yang menghubungkan atau memasarkan produk. Lalu darimana Anda memperoleh keuntungan? Anda dapat memperoleh keuntungan jika ada pembeli yang melakukan transaksi akibat pemasaran Anda. Besarnya keuntungan yang bisa Anda peroleh bergantung pada kesepakatan awal antara perusahaan dan Anda.

Untuk menjalani bisnis affiliate marketing, umumnya Anda harus memiliki nama yang cukup dikenal dalam sebuah platform media sosial, contohnya adalah jika Anda seorang blogger yang cukup ternama. Cara pemasaran ini akan menguntungkan kedua belah pihak, yaitu Anda dan perusahaaan. Secara umum terdapat dua jenis sistem affiliate marketing:

Sistem A

  1. Anda akan diminta untuk mempromosikan produk atau jasa dalam blog Anda dan Anda akan diberi kode diskon (discount code).
  2. Kemudian jika ada pembeli yang melakukan transaksi dengan menggunakan kode diskon Anda, maka Anda akan memperoleh keuntungan dalam jumlah tertentu.
  3. Keuntungan bagi Anda: semakin banyak pembeli yang menggunakan kode diskon Anda, maka semakin banyak pula keuntungan Anda.

Keuntungan bagi perusahaan: jumlah pembeli meningkat dan pasar semakin luas sehingga omzet juga meningkat dengan promosi yang Anda lakukan.

Sistem B

  1. Anda akan diminta untuk mempromosikan produk atau jasa dalam blog.
  2. Anda akan dibayar dengan sejumlah uang yang telah disepakati di awal. Jumlah pembeli yang melakukan transaksi akibat pemasaran tidak berpengaruh terhadap keuntungan Anda.

#5 Kursus Online

Jika Anda bukan tipe penjual atau tidak suka menjalankan bisnis pemasaran dan lebih condong ke bidang akademik, maka Anda dapat mencoba jenis bisnis ini. Kursus atau membuka kelas online merupakan salah satu bisnis dimana Anda berperan sebagai guru namun hanya dilakukan pada sela-sela kesibukan Anda. Selain tidak membutuhkan modal yang besar, kini sudah banyak platform khusus yang menyediakan sarana belajar-mengajar yang mudah diakses dan juga gratis.

Sumber : https://www.finansialku.com/peluang-usaha-bisnis-online-wanita-karir/

Comments

comments

Share