profit

Bisnis bangkrut sering kali disebabkan oleh ketidaktahuan atau ketidakpedulian para pemiliknya. Pengusaha dan pebisnis Jaz Goltz mengatakan padaThe New York Times, “Jika pemilik bisnis benar-benar tahu apa yang mereka lakukan salah, mereka mungkin bisa memperbaikinya. Sering kali, hal ini disebabkan karena penyangkalan atau tidak mau tahu sesuatu yang Anda tidak ketahui.”

Jangan sampai kita salah langkah sehingga menyebabkan terhentinya bisnis kecil kita.

Berikut tips meningkatkan keuntungan yang mungkin bisa segera kita aplikasikan.

Buktikan keahlian. Buktikan bahwa kita ahli dalam industri ini agar pelanggan memercayai kita. . Kepercayaan bisa kita dapatkan dengan pembuktian, bukan dengan pembelian.

Perhitungkan risiko.

Semua entrepreneur adalah orang-orang yang berani mengambil risiko. Memang harus begitu karena membangun bisnis membutuhkan loncatan keyakinan. Tapi, apa yang membuat seorang pengusaha sukses sedangkan yang lain gagal adalah kemampuan mereka memperhitungkan segala risiko.

Tinjau biaya dan keuntungan yang didapat dari setiap keputusan dan cari tahu skenario terburuk. Siapkan pula rencana cadangan. Rencanakan secara seksama tindakan-tindakan yang akan diambil dan berkolaborasilah dengan pegawai sebagai sebuah tim. Dengan cara begitu, jika kegagalan terjadi, kita memiliki orang-orang yang bisa mendukung dan menemani dalam mengambil langkah dan risiko selanjutnya.

Kembangkan strategi cash-flow. Mempunyai dana segar yang stabil adalah krusial bagi bisnis kecil karena kita harus membayar tagihan dan pegawai serta melakukan pembelian untuk bahan produksi dan pelayanan. Pemilik bisnis harus memiliki daftar pengeluaran dan pemasukan untuk mengetahui seberapa banyak uang operasional sehari-hari yang dibutuhkan.

Hargai pegawai. Ketika mempekerjakan pegawai, pastikan mereka benar-benar berhasrat dengan bisnis kita. Cari tahu bagaimana passion dan pengetahuannya tentang bisnis kita ketika mewawancarai mereka.

Jika sudah mendapatkan tim yang hebat, perlakukan pegawai tanpa pilih kasih dan berikan mereka kepercayaan. Tunjukkan bahwa kita menghargai upaya mereka dengan menanyakan ide-ide baru dan berkolaborasi dengan mereka.

Membangun sebuah bisnis adalah tantangan, tapi dengan persiapan yang matang, bisnis kecil kita bisa berkembang dan berada di depan.

 

Salam Inspirasi wanita

Comments

comments

Share