5 Tips Strategi Promosi untuk Meningkatkan Penjualan

Gunakan sosial media

Boleh dikatakan pada jaman sekarang jika usaha kita tidak memiliki sosial media termasuk perlu dipertanyakan apakah asli atau penipuan. Pasalnya saat ini semua sudah bergerak ke arah onlinel. Jadi pastikan kamu menggunakan sosial media untuk usahamu. Buatlah Facebook, Twitter dan Google Plus sebagai media promosi. Tambahkan juga kontak yang mudah dihubungi diataranya BBM, WhatsApp, LINE dan lain sebagainya. Dengan sosial media, usaha kita akan lebih mudah dikenal dan diketahui orang. Perhatikan bahwa habit atau kebiasaan manusia saat ini sudah Online. Artinya mereka akan selalu mencari segala-sesuatu dari media online sebelum memutuskan untuk membeli.

Pada era digital sekarang ini, kekuatan promosi ada pada gambar produk, bagaimana anda menampilkan gambar produk anda agar mereka tertarik untuk mengetahui lebih lanjut? Dalam promosi online “jualan gambar” adalah kunci pertama ketertarikan mereka untuk mengetahui lebih lanjut, jadi tampilkan foto produk yang menjual

Bagaimana membangun komunikasi personal dalam era digital ? Sekalipun kita melakukan promosi online, yang harus anda ingat adalah, yang membaca adalah manusia bukan robot, manusiakanlah mereka.

Bagi-bagi Gratis

Jika anda masuk kategori orang pelit, maka poin penting yang kedua ini tidak akan masuk akal bagi Anda. Tapi bagi mereka yang sanggup mengukur IMPACT dari membagikan sesuatu dengan GRATIS, maka mereka akan melakukan strategi promosi yang seperti ini.

Berikut saya berikan teknik sederhananya:

Kursus Gratis. Bagi anda yang memiliki bisnis penjualan produk yang membutuhkan keahlian untuk pemakaiannya, bisa berikan kursus gratis.

Hadiah. Berikan surprise Hadiah kepada pelanggan Loyal yang langsung anda berikan sendiri, tanpa anda umumkan, namun tentunya terlebih dahulu anda sudah menganggarkan dan membuat ketentuan untuk minimal pembelian . Hmm mereka pasti terkesima deh.

Buy 1 Get 1. Nah daripada discount 50 %  trik buy one get one ini lebih menarik loh. Untuk memberikan barang-barang GRATISAN, kamu beli produk yang tidak terlalu mahal, kemudian kamu beli dalam jumlah yang cukup besar. Dengan begitu harganya pasti sangat murah. Nah setelah itu, misal harga produk yang kamu jual adalah 100.000, maka kamu tambahkan menjadi 110.000. Jadi setiap produk harganya sudah dinaikkan 10.000 tapi kamu memberikan sesuatu yang GRATIS kepada pelanggan. Hal ini sangat efektif untuk menarik minat dan hati pelanggan untuk datang kembali ke toko kamu.

Hadiah Gratis untuk jumlah pembelian tertentu. Berikan hadiah untuk pelanggan yang membeli produk dengan minimal tertentu,misal 1 hadiah T-Shirt gratis untuk setiap pembelian minimal 10 box.

Konsultasi Gratis. Pelanggan bisa berkonsultasi mengenai penggunaan dan perawatan produk yang dia beli di toko anda. Selama konsultasi, anda juga bisa menawarkan produk pelengkap untuk produk yang sudah dibeli pelanggan.

Adakan Lomba

Untuk membuat lomba, saya sarankan tidak terlalu sulit. Jika kita membuat lomba yang terlalu sulit, biasanya orang akan “Malas” mengikutinya. Akibatnya lomba yang dibuat tidak efektif. Salah satu lomba yang paling efektif adalah dengan cara membuat review atau share sebanyak-banyaknya di sosial media. Alasannya pembeli tidak mau terlalu repot untuk mengerjakan lomba tersebut. Selain itu, ada juga lomba yang paling sederhana yaitu membuat foto untuk produk yang anda tawarkan. Misal kamu menawarkan produk sepatu. Lalu untuk lombanya, kamu dapat membuat “Foto Bergaya Menggunakan Sepatu”.

Berikan Voucher

Pastikan pengunjung toko Anda kembali di lain waktu, dengan memberi voucher belanja di toko Anda. Jangan lupa untuk mecantumkan masa berlaku voucher tersebut.

Jual Paket

Produk yang kurang laris di toko anda, bisa dijual satu paket dengan produk yang banyak diminati pembeli. Daripada menumpuk di gudang, jauh lebih baik untuk secepatnya menjual produk yang kurang laku tersebut.

Sumber: Naskah Lengkap Jitu Womanpreneur Community

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *