Model Bisnis Startup yang Perlu Diketahui

Online Marketplace, Model bisnis internet yang sangat populer saat ini. Dimana satu pihak tertentu menyediakan lapak online berskala besar dan diisi oleh beragam dan banyak penjual. Contoh online marketplace adalah alibaba untuk barang, dan dribble untuk produk digital atau logo.

Affiliate marketing, Affiliate marketing adalah istilah modern dan canggih dari makelar. Model bisnis ini sudah ada sejak lama dan masih populer hingga sekarang. Contoh dari model ini adalah ketika Anda memiliki usaha wedding organizer dan kepada konsumen, Anda menawarkan paket catering dan juga tata rias yang dikelola pebisnis lain lewat bisnis wedding organizer yang sedang Anda jalankan.

Dropship, Model bisnis ini dimana si penjual tidak memiliki produk dan peran penjual hanya sebagai pintu transaksi atau menyimpan barang siap jual saja. Sedangkan produk aslinya dimiliki oleh produsen atau supplier. Metode bisnis dropship adalah dimana ketika dropship mendapat pesanan, maka produsen atau supplier segera menyiapkan barang sesuai pesanan.  Biasanya model bisnis dropship dilakukan oleh para perintis usaha (startup) karena mudah dilakukan tanpa modal.

Franchise, Model bisnis ini cukup populer di Indonesia. Sistem model ini adalah dimana pewaralaba (franchisor) menjual dan memberikan sebagian hak atau merek dagang ke penerima waralaba (franchisee). Franchisee membeli merek dagang, bahan, dan juga peralatan yang dimiliki oleh franchisor. Peran franchisor kepada franchisee juga berupa pelatihan agar standar kualitas sama dengan produk yang diberikan pewaralaba.

E-Commerce,E- Commerce adalah model bisnis dimana transaksi dilakukan secara penuh melalui daring atau online. Penjual sama sekali tidak menjual barang dagangannya secara langsung atau offline.

Manufacturer (Usaha Pabrikan), Usaha pabrikan adalah dimana produsen langsung menjual barang jadi kepada konsumen atau makelar. Contoh usaha yang menjual produk langsung: alat-alat kantor dan perkakas produksi.

Crowdsourcing, Model bisnis crowdsourcing mengandalkan konsumennya untuk berpartisipasi dalam membuat dan mendesain produk. Bisnis crowdsourcing juga bisa dikatakan kombinasi dari beberapa user yang kemudian memberikan satu solusi lengkap dalam satu produk. Contoh model crowdsourcing adalah: Shutterstock, Wikipedia, dan aplikasi kursus online.

Subscription (Langganan), Model bisnis yang pertama adalah berlangganan. Bisnis model ini biasanya ditujukan bagi konsumen yang memilih untuk mengeluarkan uangnya lebih banyak pada satu produk tertentu. Model berlangganan juga biasanya berdasarkan waktu misalnya satu hari, satu minggu, satu bulan atau satu tahun dan juga dibagi dengan paket kelas ekonomi misalnya paket basic, premium, atau professional. Contoh model bisnis langganan adalah: platform hiburan digital.

Sumber:Jurnal Entrepreneur

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *