branding ukm womanpreneur community

Tips Meningkatkan Keterkenalan Brand Anda

Brand atau merek sangat penting dalam bisnis. Ada beberapa alasan pentingnya brand bagi bisnis, karena brand menempel di ingatan, aset, menggugah sisi emosional konsumen, menciptakan totalitas pada layanan usaha, memudahkan pelanggan menemukan bisnis Anda, menciptakan kepribadian, memiliki kekuatan untuk menarik konsumen, menghemat biaya usaha, memengaruhi perilaku pembelian, dan personal branding saling terkait.

Untuk meningkatkan daya saing, salah satu caranya membangun branding. Brand adalah identitas perusahaan atau bisnis, yang harus dapat memberi makna dan diingat konsumen. Brand sederhana, tapi penuh makna merupakan brand yang baik. Misalnya saja brand air mineral Aqua. Setiap orang yang ingin membeli minuman mineral, pasti mengatakan “ada Aqua?” Brand juga akan memberikan nilai tambah yang tinggi untuk produk dan jasa bisnis Anda.

branding ukm womanpreneur community
Brand itu bukan sekadar lambang atau nama bisnis Anda, lebih penting dari itu, brand adalah perwujudan persepsi masyarakat terhadap produk dan jasa bisnis Anda. Maka, brand sangat penting untuk dikenal orang. Lalu, bagaimana caranya agar meningkatkan keterkenalan brand bisnis kita? SeputarUKM merangkumnya untuk Anda.

Manfaatkan situs internet

Anda bisa meningkatkan branding produk dengan informasi di situs internet. Jangan hanya menyajikan soal produk dan jasa yang menjadi fokus bisnis Anda. Tambahkan konten-konten menarik seputar makna brand Anda. Situs internet yang Anda buat bukan saja bisa menjaring calon konsumen, tapi dapat pula meningkatkan keterkenalan brand Anda.

Desain menarik dan sesuai bisnis

Desain brand yang menarik, unik, simpel, tapi bermakna dan mudah diingat perlu Anda pertimbangkan. Brand yang rumit dan jauh dari kesan menarik justru akan membuat brand Anda kurang dikenal. Ujung-ujungnya, produk dan jasa yang Anda tawarkan tidak laku. Ingat, desain yang baik bisa menunjang kesuksesan bisnis Anda. Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Kentucky Fried Chicken? Pasti Anda langsung terlintas gambar orang tua berjanggut sedang tersenyum. Itulah branding KFC.
Selain itu, Anda harus membuat brand yang sesuai dengan bisnis yang sedang Anda jalankan. Misalkan, produk yang Anda jual adalah kamera. Anda harus menyesuaikan produk bisnis Anda dengan brand yang Anda buat.

Media sosial

Di era teknologi informasi yang semakin canggih dan cepat ini, para pebisnis memanfaatkan bisnis mereka di media sosial. Selain cepat, media sosial praktis dan efektif menjaring konsumen. Begitu pula untuk mengenalkan brand Anda. Rajin-rajinlah berinteraksi di media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Google+, atau LinkedIn. Pajanglah logo atau nama brand Anda di media sosial. Lalu, manfaatkan interaksi dengan para followers atau teman dunia maya Anda. Bangun imagepositif. Jika followers atau teman media sosial Anda suka, mereka akan menjadi konsumen Anda, bukan?

Alat marketing yang pas

Selain melalui situs internet atau website, Anda bisa menggunakan berbagai “alat marketing”. Misalnya, Anda memanfaatkan mobil perusahaan untuk mengenalkan brand Anda. Anda bisa menempelkan stiker besar atau mengecat mobil perusahaan dengan logo atau nama brand Anda. Mobil itu akan berkeliling, dan masyarakat tentu akan melihatnya. Selain itu, Anda bisa menggunakan brosur, stiker, atau spanduk.

Konsisten

Jika bisnis Anda masih terbilang kecil, jangan pernah mengganti logo atau desain brand Anda. Oleh karena itu, sebelum membuatnya, Anda perlu memikirkannya matang-matang. Masyarakat tidak akan mengenali brand Anda jika sebentar-sebentar logo atau desain brand Anda berubah. Memang, ada perusahaan besar yang mengganti logo atau desain brandnya. Tapi, mereka mengganti tidak drastis. Masih ada makna sebelumnya yang tertanam di brand itu.

Selain cara-cara tadi, Anda bisa meningkatkan keterkenalan brand Anda dengan kerja sama pihak lain. Partner bisnis yang memiliki jaringan luas, bisa Anda manfaatkan untuk membuat brand Anda dikenal orang. Semoga brand bisnis Anda bisa dikenal dan diingat orang. Hal ini pasti akan meningkatkan penjualan produk dan jasa bisnis Anda. Selamat mencoba! (SUKM/dari berbagai sumber).

Sumber : http://www.seputarukm.com/tips-tingkatkan-keterkenalan-brand-bisnis-anda/

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *