Tingkatkan Penjualan Dengan 4 Teknik Ini

A. Prospek (Sapa-Tanya-Dengarkan-Tawarkan)

Saat Anda melayani obrolan teks dengan calon pembeli yang termasuk kedalam kategori prospek, maka sangat saya tekankan untuk tidak terburu-buru membahas transaksi. Apalagi jika dia baru pertama kali terhubung dengan Anda. Bangunlah kepercayaan terlebih dahulu, dan buatlah dirinya nyaman.

Sapa. Upayakan untuk terlebih dahulu menyapa calon pembeli, setidaknya bertanya  domisili tempat tinggal.

Tanya. Coba untuk bertanya mengenai apa yang sedang dia butuhkan. Bangun obrolan sesantai mungkin. Gunakan emoticon yang dapat membantu membuat calon pembeli menikmati suasana obrolan. Ingat !! Tahapan ini, tahapan anda bertanya dan juga tahapan anda menggali kebutuhan mereka.

Dengarkan/Simak. Saat dia mengutarakan kebutuhannya, cobalah untuk menjadi pendengar / (pembaca) chat setia. Jangan memotong pembicaraan calon pembeli. Lalu, lakukan konfirmasi atas pertanyaannya dengan cara mengulanginya kembali.

Tawarkan. Setelah anda mendapatkan konfirmasi apa yang prospek butuhkan pada tahap ini, silahkan mulai memberikan tawaran  produk anda yang sesuai dengan apa yang diinginkan calon pembeli.

B. Pembeli (Tanya-Dengarkan-Tawarkan)

Ketika Anda melayani seorang calon pembeli kategori pembeli , berbeda dengan point 1 yang tadi kita bahas. Cek terlebih dahulu, mengapa dirinya belum melakukan repeat order.

Tanya. Ketika berhubungan dengan seorang pembeli yang sudah pernah membeli produk anda. Cobalah untuk terlebih dahulu bertanya. Buka obrolan dengan bertanya kabarnya atau bertanya mengenai produk pertama yang dibelinya, apakah sesuai dengan pesanan atau tidak. Jika ternyata dia tidak puas dengan pengalaman pembelian pertamanya, cobalah untuk memberi klarifikasi sebaik mungkin.

Dengarkan. Coba untuk berani mendengarkan/menyimak semua yang diutarakan. Tak peduli mengenai rasa puas atau bahkan rasa kecewa atas pembelian pertama. Selalu berikan tanggapan positif atas apa yang diungkapkan.

Tawarkan. Setelah itu lanjutkan dengan memberikan penawaran atas produk anda. Bisa dengan menawarkan produk varian baru, atau dengan menawarkan kupon belanja atau event promosi lainnya.

C. Klien  (Beritahu-Tawarkan-Pertahankan)

Berbeda halnya ketika anda menghadapi konsumen yang sudah loyal. Anda bisa lebih cepat melakukan obrolan yang langsung mengarah kepada selling.

Beritahu. Mulailah percakapan dengan menanyakan kabarnya. Beritahu kepada mereka produk terbaru anda. Jelaskan secara singkat terutama dalam segi kualitas dan manfaatnya.

Tawarkan. Mulailah menawarkan produk tersebut, berikan penawaran khusus  yang akan membuatnya bersegera melakukan transaksi.

Pertahankan. Selanjutnya, sampailah pada fase untuk mempertahankan. Apa saja yang harus dipertahankan? Pelayanan, Kualitas, Hubungan baik.

D. Klien setia

Bagi klien setia, lakukan hal hal yang special dan berbeda  ucapkan terima kasih atas refrensi yang dia berikan kepada anda.

Sumber: Buku Langkah Jitu Womanpreneur Community

Comments

comments

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *